Minggu, 13 Oktober 2013

Tips dan Cara Sederhana Merawat Helm Agar Awet

Tips dan Cara Sederhana Merawat Helm Agar Awet ---Helm merupakan salah satu peralatan keamanan yang tidak boleh Anda tinggalkan saat ingin mengendarai sepeda motor, bukan karena takut ditilang oleh Polisi namun karena fungsi helm sebagai pengaman yang sangat penting apabila terjadi kecelakaan.
Tips dan Cara Sederhana Merawat Helm Agar Awet
Bagi para bikers yang setiap hari mengendarai sepeda motor dan tentu saja menggunakan helm, ada beberapa hal yang perlu para bikers perhatikan yaitu perawatan dari helm tersebut agar tetap awet dan nyaman untuk digunakan.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi tips untuk para bikers mengenai cara perawatan helm yang benar, berikut informasi lengkapnya.
Pada helm yang terawat baik, cara mengilapkan permukaannya relatif mudah. Setelah dilap dengan kain lap jenis mikro fiber atau busa yang lembut, permukaan helm dapat diolesi cairan pengilap seperti wax.

Namun pada helm yang kontinuitas perawatannya kurang, maka tindakan awal yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Dengan memberikan olesan bahan polish untuk kemudian diteruskan dengan pemolesan menggunakan wax. Dengan cara ini, permukaan helm menjadi mengkilap seperti baru.

Lain halnya dengan perawatan bodi helm yang tidak mengilap alias doff. Helm warna doff sudah banyak dipakai pengendara motor. Jika helm tidak terlalu kotor, cukup dilap dengan kain lap mikro fiber atau busa halus.

Sedangkan untuk kotoran yang membandel, Anda harus mencucinya dengan cairan sabun pembersih. Untuk helm jenis ini, tak perlu lagi pemolesan dengan wax.

Kaca atau visor pada helm menjadi bagian paling vital. Kaca yang buram akan membahayakan pengendara motor. Apalagi bila digunakan pada malam hari.

Mengatasinya, gunakan glass cleaner yang dapat menghilangkan unsur minyak pada permukaan kaca helm. Sementara, untuk menghilangkan baret-baret halus, cukup menggunakan plastik polish. Bahan ini menampilkan kaca helm menjadi lebih bening.

Untuk perawatan bagian dalam helm, dapat dilakukan lebih mudah. Saat ini sejumlah produk helm dibuat untuk memudahkan dalam hal perawatan.

Misalnya, produk helm yang sudah menggunakan sistem 'knock down' pada bagian dalamnya. Sehingga, pengguna helm mudah melakukan perawatan busa yang ada di dalamnya.

Untuk menjaga kesegaran dan kelembaban pelapis atau busanya, kita tinggal melepaskan kancing pengaitnya, lalu membersihkan bagian busa itu dengan sikat halus.

Bila debu yang menempel terlalu tebal, maka proses penyikatan dapat dilakukan dengan penambahan cairan sabun pembersih, lalu diangin-anginkan hingga kering. Jangan sekali-kali menggunakan pengharum dari bahan kimia, karena cairan kimia dapat merusak busa.

Demiklianlah informasi mengenai Tips dan Cara Sederhana Merawat Helm Agar Awet yang dapat Insp[irasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda.