Minggu, 13 Oktober 2013

Tips dan Cara Mudah Bersihkan Rem Mobil

Tips dan Cara Mudah Bersihkan Rem Mobil ---Sebagai salah satu komponen keamanan, rem memang harus mendapatkan perhatian khusus agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Berbagai penyebab kerusakan bisa saja terjadi pada rem jika tidak dirawat dengan baik salah satunya yaitu jika rem tersebut kotor maka sudah pasti kinerja rem tersebut akan terhambat.
Tips dan Cara Mudah Bersihkan Rem Mobil
Namun buat Anda pemilik kendaraan roda empat yang ingin mencoba merawat serta membersihkan sendiri rem kendaraannya, kali ini Inspirasi Dunia Otomotif memiliki tips dan cara mudah dalam melakukan hal tersebut yaitu hanya dengan menggunakan cairan khusus rem (brake cleaner) dan tanpa perlu membuka kampas rem, berikut informasi lengkapnya.
Jika ingin bagian depan dulu, dongkrak satu per satu dan lepas roda. Kemudian semprotkan cairan tadi ke permukaan cakran (disc brake) dan lanjutkan ke kaliper (jika sudah cakram). Debu atau kotoran akan rontok bersama cairan.

Kalau mau dibuka kalipernya lebih bagus lagi. Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan kuncing ring 14 mm. Untuk rem teromol, pertama-tama tutup rem harus dibuka dengan cara dikletuk pakai palu. Tak perlu keras-keras, sekadar untuk mengendurkan tutupnya. Jika sudah terbuka semprotkan brake cleaner di bagian permukaan teromol, juga sekalian tutupnya.

Steven menyerankan, sebelum menggunakan cairan, baca prosedur keselematan dalam penggunaannya dan tak perlu takut. Karena, semua produk cairan aman buat karet dan sensor ABS.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mudah Bersihkan Rem Mobil yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!