Selasa, 17 Desember 2013

Tips dan Cara Aman Mengemudikan Mobil Melewati Banjir

Tips dan Cara Aman Mengemudikan Mobil Melewati Banjir ---Ketika musim hujan, genangan air pada ruas-ruas jalan memang sangat sering kita temui, dalamnya genangan tersebut tentu saja bermacam-macam sehingga sering membuat para pengendara kendaraan bermotor mengalami masalah pada kendaraannya saat nekad melewati genangan-genangan air tersebut.
Tips dan Cara Aman Mengemudikan Mobil Melewati Banjir
Namun bagi teman-teman OTOINS yang sering menemui genangan banjir ketika mengendarai mobil, teman-teman tidak perlu khawatir takut terjadi kerusakan alias mogok, karena dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi tips sederhana mengenai Tips dan Cara Aman Mengemudikan Mobil Melewati Banjir, berikut informasi lengkapnya.

Sebelum nekad memacu kendaraan menerjang banjir, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kendaraan kamu tetap bisa berjalan dengan baik antara lain :
  1. Pastikan ketinggian air. Bila sudah melewati ban, sebaiknya jangan diterabas. Apalagi Anda mengetahui posisi lubang intake.
  2. Jika ketinggian air setengah roda, saat hendak jalan, jangan mengekor kendaraan di depan. Gelombang air bisa masuk ke lubang intake membuat mesin water hammer. Sebaiknya, di depan tidak ada kendaraan.
  3. Saat jalan, sepanjang genangan air, pergunakan gigi persneling satu atau dua dan pertahankan putaran mesin secara konstan. Jangan sekali-sekali mengangkat pedal gas, bisa membuat air masuk melalui ujung knalpot.
  4. Untuk transmisi matik. Sebelum masuk air, pindahkan tongkat transmisi ke posisi 2 atau 1 (kalau ada) atau B dengan putaran mesin konstan.
  5. Bila sudah lolos, sambil jalan perlahan, tekan pedal rem berulang kali untuk memastikan bekerja dengan baik.
Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Aman Mengemudikan Mobil Melewati Banjir yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.