Selasa, 10 Desember 2013

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Berisik Pada Satria FU 150

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Berisik Pada Satria FU 150 ---Sebagai salah satu sepeda motor bebek terbaik di Indonesia, Suszuki Satria FU dengan yang memiliki mesin berkapasitas 150 cc ini memang memiliki banyak penggemar setia termasuk salah satunya adalah saya. Namun ternyata tidak sedikit juga teman-teman pemilik suzuki satria FU 150 ini yang mengalami berbagai keluhan pada sepeda motor kesayangannya tersebut salah satu masalah yang paling sering terdengar yaitu masalah mesin yang mengeluarkan bunyi berisik.
Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Berisik Pada Satria FU 150
Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba untuk berbagi informasi kepada teman-teman pecinta Suzuki Satria FU mengenai berbagai penyebab dan cara untuk mengatasi suara mesin berisik pada sepeda motor kesayangan tersebut, berikut informasi lengkapnya.

Bunyi berisik pada mesin Satria FU 150 sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain bunyi dari bagian piston, bunyi rantai timing, bunyi bagian kopling, crankshalft, transmisi ataupun pada bagian katupnya. Namun kebanyakan masalah yang sering terjadi pada sepeda motor ini hingga menyebabkan suara berisik yaitu masalah pada bagian rantai timing yang sering juga disebut dengan nama rantai keteng yang sudah aus ataupun melar yang harus distel ulang bahkan jika memang sudah haus maka perlu menggantinya dengan yang baru.

Untuk melakukan perbaikan, kamu cukup mengecek cam chain tension adjusternya atau yang sering disebut cek alat penyetel otomatis rantai keteng. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah rantai keteng tersebut masih berfungsi atau tidak. Jika memang tidak berfungsi dengan baik lagi memang harus dilakukan penggantian rantai keteng yang baru.

Temen-temen mungkin juga sering bertanya apa benar masalah tersebut disebabkan oleh tensionernya yang tidak benar? Penjelasannya seperti ini, Motor kita ini baru, kemungkinan cacat produksi memang ada, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Apalagi perusahaan sekaliber Suzuki, pasti tidak sembarangan membuat suatu produk. Minimal mereka telah menerapkan quality control setaraf 6 sigma, bahasa umum dikalangan specialist quality control. Jadi rantai timing rante keteng kendor alias melar bin uzur ataupun kasus sproketnya yang aus karena masa pakai harian.

Demikianlah informasi mengenai beberapa Motor kita ini baru, kemungkinan cacat produksi memang ada, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Apalagi perusahaan sekaliber Suzuki, pasti ngak sembarangan membuat suatu produk. Minimal mereka telah menerapkan quality control setaraf 6 sigma, bahasa umum dikalangan specialist quality control. Jadi rantai timing - rante keteng- kendor alias melar bin uzur ataupun kasus sproketnya yang aus karena masa pakai harian yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi teman-teman dalam merawat Satria FU 150 kesayangannya.