Jumat, 18 Oktober 2013

Tips dan Cara Mengatasi Lampu Mobil Redup

Tips dan Cara Mengatasi Lampu Mobil Redup ---Fungsi dari lampu mobil memang sangatlah penting, oleh karena itu perawatan pada lampu mobil agar dapat selalu menyala dengan terang haruslah dilakukan secara rutin.
Tips dan Cara Mengatasi Lampu Mobil Redup
Namun tidak jarang para pemilik mobil mengeluhkan lampu kendaraan mereka tidak berfungsi dengan maksimal alias redup. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan pada lampu mobil untuk kamu yang ingin mencoba memperbaiki sendiri masalah pada lampu mobil yang redup, berikut informasi lengkapnya.

1. Reflector
Reflector yang sudah kusam menyebabkan cahaya yang dipancarkan dari bohlam ( dop ) tidak bisa dipantulkan secara baik, sehingga menyebabkan sorot lampu menjadi kurang terang. Reflector metasi (palsu/tidak bagus) menyebabkan cahaya sorot lampu tidak focus (ambyar/buyar)

2. Pemilihan bohlam
Pemilihan warna sorot sinar, untuk saat ini banyak dipasarkan beraneka ragam pilihan warna sinar ( ada yang kebiruan, putih terang dll), menurut saya pilih warna yang terbaik tetap pada warna standart ( putih kekuningan) selain bagus buat pengemudi lampu jenis ini relative bagus untuk menembus hujan dan kabut. Pemilihan watt. Berdasarkan pengalaman saya pilihan yang bijak adalah menggunakan Philip (maaf bukan bermaksud mempromosikan merk dagang) 100/90

3. Atur tatanan perkabelan dan soket
Gunakanlah kabel yang standart jangan terlalu kecil. Begitu juga dengan socket lampu, lebih baik gunakanlah yang berbahan keramik. Sayangnya pemasangan lampu yang berdaya lebih besar membutuhkan daya yang lebih besar pula, seringkali kabel yang terpasang standar bawaan motor/mobil tidak dapat mengakomodasi kebutuhan daya tersebut.Malah bisa membuat conector atau kabel menjadi panas bahkan akan meleleh.

Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, kita perlu memperhatikan sebuah komponen yang bernama relay. Relay adalah suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil.

System pemasangan relay yang umum digunakan adalah positive system. Dimana pada system ini hanya digunakan satu kabel control yaitu positif yang diambil dari saklar. Sedangkan untuk negatifnya diambil langsung dari body/ground.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mengatasi Lampu Mobil Redup yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.