Jumat, 18 Oktober 2013

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless ---Jenis ban tubeless saat ini memang banyak diminati, berbagai kelebihan yang dimilikinya membuat ban tubeless semakin menjadi primadona. Namun tahukah kamu ternyata ban jenis tubeless ini ternyata juga memiliki beberapa kekurangan, mau tahu apa saja kekurangan dari ban tubeless? Berikut informasi lengkpnya.
Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless
Ban sepeda motor terdiri dari dua tipe, ada yang disebut dengan tipe tubeless dan ada juga tipe biasa. Menurut sebagian orang, ban tubeless memiliki banyak keunggulan dari pada ban tipe biasa, namun sebenarnya hal itu tergantung dari kebutuhan yang kamu miliki. Berikut ada Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless yang wajib untuk kamu ketahui :

1. Ban tubeless lebih keras dibanding ban biasa karena struktur lapisan karet lebih tebal dan padat. Jika Anda sering melewati jalan rusak atau tidak rata, lebih baik menggunakan ban biasa. Memaksa pakai tubeless justru dalam jangka waktu tertentu, pelek dan ban cepat rusak karena benturan. Lihat motocross, mana ada yang pakai ban pacul tubeless.

2. Ban tubeless lebih cocok dipakai di perkotaan dengan jalan mulus. Untuk bermanuver atau menikung, ban ini lebih ”nge-grip” dan stabil pada kecepatan tinggi. Beda dengan ban biasa yang enak dipakai pada jalanan padat dan macet yang butuh selap-selip.

3. Ban tubeless hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing, lebih cocok lagi peleknya butuh ban tapak lebar. Pelek jari-jari hanya bisa untuk ban biasa.

5. Lihat juga jenis sepeda motor. Bebek atau skutik sebenarnya lebih cocok menggunakan ban biasa, karena bobot ban tubeless akan jauh mengurangi performa. Beda dengan sepeda motor sport yang tenaganya sudah jauh lebih besar.

6. Pertimbangkan harga. Kalau tidak terlalu menjadi kebutuhan, ban tubeless yang lebih mahal ketimbang ban biasa lebih baik dihindari. Karena menggunakan ban biasa pun banyak nilai lebihnya. Rata-rata, beda harga antara ban biasa dengan tubeless antara 30-50persen.

7. Pilihan kini kembali ke Anda. Tidak ada salahnya mencoba ban tubeless. Selain lebih tahan bocor, juga stabil untuk kecepatan tinggi, tapi umurnya lebih pendek karena biasanya menggunakan compound lebih lunak. Ban biasa pun juga oke, selain murah, lebih awet dan lincah, meski harus waspada ketika tiba-tiba ranjau paku menyerang.

Demikianlah informasi mengenai Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.