Tips Performa

Tips Tingkatkan Performa

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara meningkatkan performa kendaraan kesayangan Anda...

Tips Mesin

Kumpulan Tips Perawatan Mesin

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara perawatan mesin kendaraan kesayangan kamu...

Tips Kelistrikan

Tips Perawatan Komponen Kelistrikan

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara perawatan komponen kelistrikan sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Kaki-kaki

Kumpulan Tips Perawatan Kaki-kaki

Berikut ini adalah Kumpulan Tips otomotif dan cara perawatan komponen kaki-kaki sepeda motor kesayangan kamu...

Spesifikasi dan Harga Sepeda Motor Terbaru

Selasa, 22 Oktober 2013

Tips dan Cara Membuat Supra X 125 Jadi Lebih Kencang

Tips dan Cara Membuat Supra X 125 Jadi Lebih Kencang ---Sebagai salah satu sepeda motor bebek andalah dari Honda, Supra X 125 memang memiliki banyak keunggulan terutama pada performa mesin dan tenaga yang dimilikinya. Selain kemampuan mesin yang luar biasa, konsumsi bahan bakar yang sangat irit juga menjadi salah satu alasan Honda Supra X 125 tetap memiliki pengguna setia.
Tips dan Cara Membuat Supra X 125 Jadi Lebih Kencang
Tetapi meskipun performa luar biasa sudah dimiliki oleh Honda Supra X 125 ini, ternyata masih banyak teman-teman pecinta Honda Supra X 125 yang masih belum puas dengan performa mesin tersebut. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi tips mengenai cara untuk membuat tenaga dan performa mesin Honda Supra X 125 Jadi Lebih kencang, berikut informasi lengkapnya.

Masalah yang paling sering terjadi pada performa Supra X 125 yaitu mengenai mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. Dari sini kita mesti curiga kalau gejala ini berkaitan dengan gearbox. Coba tes motor standar, pasti bakal ketahuan apa permasalahan sebenarnya. Begitu gearbox dibongkar, tercatat spek rasio gigi 1 : 35/14, gigi 2 : 31/20, gigi 3 : 23/20, dan gigi 4 : 24/26, hal ini jelas menunjukkan bahwa performa mesin sedang mengalami masalah.

Cara penyelesaian paling umum untuk masalah ini adalah dengan ganti rasio gigi atau meningkatkan perbandingan kompresi. Sedang untuk peruntukan harian, pilihan paling rasional adalah dengan meningkatkan rasio kompresi.

Dalam meningkatkan rasio kompresi agar Honda Supra X 125 tersebut jadi makin kencang, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan antara lain :

1. Mengganti Piston
Kasus untuk honda supra x 125, muka pistonnya cekung, yang artinya pilihan piston yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kompresi adalah dengan piston dengan muka rata atau flat. Apabila memasang piston cembung tentu perbandingan kompresi terlalu tinggi. Sebagai pilihan cukup pasang piston Izumi atau DG atau Daytona untuk honda supra x 125.

2. Memangkas blog silinder
Kalau ini murah meriah bro dan piston standar tetap bisa digunakan, blok silinder standar dipangkas sebanyak 1mm. Ini secara otomatis menaikkan muka piston sebanyak 1mm. Namun agar kompresi tak terlalu naik, maka muka piston juga harus dibabat sebanyak 1mm. Hasilnya muka piston honda supra x 125 menjadi rata atau flat. Perlu diperhatikan juga bahwa tinggi tepi blok silinder terhadap muka piston diset 0,2 – 0,3mm.

Pada kasus tertentu ternyata jarak antara muka piston dan tepi blok pernah ditemui 0,6mm, yang mana menjadikan efek pembakaran terlalu luas yang berimbas kemampuan mesin pada putaran menengah ke tinggi menjadi anjlok. Langkah pemapasan ini saja dengan kem dan CDI standar bisa membuat top speed motor 125 – 130 km/jam dengan catatan kondisi motor normal/tidak dimodifikasi yang memungkinkan terjadinya hambatan laju.

Permasalahan yang kedua yaitu mengenai perbedaan kecepatan honda supra x 125 saat siang/panas dan malam/dingin. Cara penyelasaiannya cukup mudah yaitu dengan seting ulang karbu yaitu diset dengan setelan angin ditaruh di 1,25 putaran, kemudian ganti spuyer main jet dari standarnya 75 menjadi 80, dan knalpot standar dibobok dengan hitungan volume yang tepat.

3. Mengganti Per Kopling
Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembut jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling buat balap alias racing kayak TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll. Kalo mau yang murah ya tambahin ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua aja.

4. Mengganti Kampas Kopling
Dengan mengubah kampas kopling Honda Supra X 125 maka daya cengkram kampas kopling jadi makin yahud, jadi gak selip pada saat motor berjalan. Untuk kampas kopling bisa diganti dengan kampas2 kopling buat balap yang merek2nya juga hampir sama dengan yang di sebutin tadi di atas. Harganya ya lumayan tapi tu bisa buat motor Honda Supra X 125 gak selip, maksudnya waktu kita pindah gigi gak ngedrop banget lah gak kaya pake standard tarikan juga tambah, di tanjakan bisa stabil. Jadi intinya tenaga mesin semuanya tersalur ke tramsmisi.

5. Mengganti CDI
Cdi pada motor manapun biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. Cdi yang tanpa limiter ini biasanya adalah cdi racing, sekarang banyak pabrikan CDI yang buat balap memproduksi buat harian ato standard, misal BRT ato Rextor yang buat karisma bisa dipake plek di motor supra x 125 . Selain bisa menambah toop speed cdi racing bisa untuk naikin pengapian.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, bisa dijamin Honda Supra X 125 kamu akan menjadi lebih lebih kencang dan membuat kamu menjadi lebih bangga mengendarainya.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Membuat Supra X 125 Jadi Lebih Kencang yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu, selamat mencoba!