Kamis, 24 Oktober 2013

Tips dan Cara Atasi Suara Berisik Pada CVT Yamaha Mio

Tips dan Cara Atasi Suara Berisik Pada CVT Yamaha Mio ---Tidak jarang para pengguna Skutik Yamaha Mio merasa kesal akibat munculnya suara dari bagian CVT motor tersebut yang sangat tidak nyaman didengar. Suara berdecit dari CVT Mio tersebut memang sering terjadi, apa lagi jika sepeda motor tersebut juga sudah berumur.
Tips dan Cara Atasi Suara Berisik Pada CVT Yamaha Mio
Untuk mengatasi suara berdecit pada CVT mio tersebut sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan bisa kamu lakukan sendiri, berikut Tips dan Cara Atasi Suara Berisik Pada CVT Yamaha Mio untuk kamu yang ingin mencoba sendiri memperbaiki motor Yamaha Mio kesayangannya.

Biasanya suara berisik di CVT muncul karena karet V-belt aus, roller peyang, grease CVT kering, atau bisa juga karena CVT kotor. Penyebab utama masalah ini, panas berlebih yang muncul saat CVT kerja keras. Lebih mudah muncul jika menemui jalan menanjak dan macet. Biasanya pengendara memanfaatkan putaran mesin untuk menahan laju motor agar tidak mundur.

Padahal, hal itu justru menyiksa kerja CVT sebagai penyalur tenaga ke roda. Manfaatkanlah fungsi rem untuk menahan motor saat di jalan menanjak.

Langkah yang harus dilakukan, membongkar CVT dan cek part satu persatu. Periksa roller masih mulus atau tidak. Lanjutkan memeriksa karet V-belt dengan cara dibalik, periksa setiap lekukan. Pastikan tak ada retak yang berpotensi membuat V-belt putus.

Jika roller dan karet CVT masih bagus, lanjutkan pemeriksaan ke grease yang menjadi pelumas di area CVT. Panas berlebih membuat grease cepat kering dan bisa jadi penyebab bunyi-bunyian di area CVT.

Ingat, grease alias gemuk yang digunakan juga khusus. Biasanya dijual dengan harga Rp 8 ribu sepasang, untuk primer dan sekunder.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Atasi Suara Berisik Pada CVT Yamaha Mio yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.