Sabtu, 21 Desember 2013

Tips dan Cara Memilih Jenis Tipe Ban Yang Tepat Untuk Motor Kesayangan

Tips dan Cara Memilih Jenis Tipe Ban Yang Tepat Untuk Motor Kesayangan ---Jenis dan tipe ban yang baik tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan maupun keamanan para pengendranya. Memilih jenis ban yang tepat untuk motor kesayangan kamu haruslah dengan perhitungan yang matang, apakah kamu ingin memilih ban tipe basah ataukah ban tipe kering.
Tips dan Cara Memilih Jenis Tipe Ban Yang Tepat Untuk Motor KesayanganOleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba membantu teman-teman dalam menentukan jenis ban yang tepat yaitu Tips dan Cara Memilih Jenis Tipe Ban Yang Tepat Untuk Motor Kesayangan, berikut informasi lengkapnya.

Perlu Anda ketahui bahwa tipe ban ada beragam, yaitu tipe basah, tipe kering dan tipe keduanya. Ketiga tipe ini memiliki kegunaan yang berbeda. Sesuai namanya, ban tipe basah digunakan khusus untuk jalan yang kerap kali basah. Ban tipe ini biasanya memiliki banyak alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur ini berfungsi untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair. Namun traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering.

Sebaliknya, ban tipe kering memiliki sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki alur. Ban ini memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan yang kering. Namun traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah dan risiko terpeleset akan meningkat.

Sedangkan tipe ketiga bisa digunakan untuk kedua kondisi, baik basah maupun kering. Jenis ban inilah yang paling umum digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Ban ini memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksi yang bagus.

Untuk membedakan jenis ban ini bisa Anda lihat di bagian spesifikasi pada ban Anda. Seringkali pabrik menuliskan tipe wet, dry atau wet dry. Sesuaikan tipe ban dengan kondisi jalan yang sering Anda lewati untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Memilih Jenis Tipe Ban Yang Tepat Untuk Motor Kesayangan yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.