Minggu, 13 Oktober 2013

Tips dan Cara Sederhana Tingkatkan Performa Motor Harian

Tips dan Cara Sederhana Tingkatkan Performa Motor Harian ---Mungkin Anda salah satu orang yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian, tentu saja merupakan hal yang cukup menyenangkan apalagi jika motor kendaraan harian kamu tersebut juga memiliki performa yang baik, tentu saja akan membuat kamu lebih merasa bangga untuk mengendarainya.
Tips dan Cara Sederhana Tingkatkan Performa Motor Harian
Dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi informasi tips untuk Anda para bikers yang memiliki sepeda motor harian dalam meningkatkan performa serta tenaga motor tersebut, berikut informasi tips lengkapnya.
Hal yang pertama yang harus kamu lakukan yaitu Amati kerapatan celah katup. Paling baik, sesuai anjuran pabrik seperti di buku manual servis. Bila terlalu renggang, memperlama durasi bukaan katup isap maupun buang saat kompresi dan dekompresi. Efeknya, akselerasi motor lamban.

Kampas kopling rapat, membuat tenaga hilang saat pindah gear. Untuk itu, ganti per kopling dengan yang lebih keras. Per RX-King dapat diaplikasi semua bebek, kecuali Shogun yang cukup dengan mengganjal empat bautpemegang kopling dengan ring setebal 0,2 mm - 0,5 mm.

Setting optimal karburator, membuat campuran di ruang bakar lebih pas, tidak terlalu 'gemuk' atau 'kering' karena kurang bensin. Utamakan mengganti main-jet sesuai, seperti Jupiter Z dari ukuran standar 105 diganti 100 atau 97,5. Diikuti menaikkan jarum skep sebanyak satu sampai dua step.

Peranti ini ikut menyumbang pengaruh akselerasi motor. Agar laju lebih agresif, tukar sproket belakang dengan menaikkan satu atau dua mata dari ukuran standar. Misalnya, sprokett Honda Supra X sebanyak 37 mata diganti 38 atau 39 mata.

Gear depan tetap standar. Jika diganti lebih kecil, lari motor terlalu ringan. Dampaknya, 'nafas' persneling pendek dan saat rpm tinggi, motor seakan jalan di tempat. Sedangkan bila lebih besar, putaran bawah jadi lambat dan memaksa mesin bekerja keras.

Kunci akhir penentu laju motor. Lebih baik saluran gas buang standar diganti model tanpa sekat (free flow), tapi rancangannya harus akurat. Tidak boleh terlalu panjang. Diameter pipa lebih besar, namun minim lekukan.

Jika muffler knalpot terlalu panjang, membuat tenaganya hilang. Pasalnya, 'tendangan balik' ke ruang silinder melemah. Sedangkan bila pipa knalpot kekecilan, malah akan menghambat aliran gas buang.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Sederhana Tingkatkan Performa Motor Harian yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda.