Jumat, 25 Oktober 2013

Tips dan Cara Memilih Jenis Ban Mobil Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Tips dan Cara Memilih Jenis Ban Mobil Yang Tepat Sesuai Kebutuhan ---Sebagai komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah kendaraan, jenis ban yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan memang merupakan sebuah kewajiban untuk diperhatikan.
Tips dan Cara Memilih Jenis Ban Mobil Yang Tepat Sesuai Kebutuhan
Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi informasi tips untuk kamu yang ingin mengganti ban mobil kamu dengan ban yang baru, berikut informasi lengkapnya. Saat kamu ingin mengganti ban mobil kamu dengan ban yang baru, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kamu bisa mendapatkan jenis dan tipe yang benar-benar pas untuk kebutuhan, antara lain :

Kebutuhan
Tentukan kebutuhan akan penggunaan ban. Ban mobil yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari tentu memiliki standard yang berbeda dengan ban yang digunakan pada ajang kompetisi.

Tipe dan Ukuran
Ban yang menghasilkan kinerja optimal terhadap mobil yang digunakan adalah ban yang direkomendasikan oleh manufaktur atas dasar berbagai perhitungan. Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek di buku manual mobil yang bersangkutan atau pada bagian plakat yang melekat pada area sisi pintu.

Contoh 195/55/R15 :
  1. Angka 15 menunjukkan ukuran diemeter velg dalam satuan inchi.
  2. Angka 195 menunjukkan ukuran lebar ban dengan satuan milimiter.
  3. Angka 55 menunjukkan ukuran aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban.
Variasi Ban
Sebagai contoh, ukuran P195/55/R15 84V. P di bagian depan merupakan symbol dari (Passenger) ini berarti ban tersebut diperuntukan bagi mobil penumpang. Misalnya, LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan. Sedangkan R berarti jenis ban radial. Umumnya terdapat 2 jenis ban di pasaran, jenis radial dan bukan radial (biasa). Secara sepintas tidak ada yang beda, yang membedakan hanya pada konstruksinya saja.

Pola Tapak Ban
desain model atau pola tapak ban menentukan daya cengkram dan juga tingkat kenyamanan mobil. Tapak yang baik adalah yang berdesain normal. Untuk memberikan kenayamanan dalam penggunaan mobil sehari-hari.

Tipe alur V yang agressif memiliki kemampuan mencengkram aspal dengan baik. Ban alur ini juga mampu mereduksi suara dari putaran ban. Kelebihan ban jenis ini adalah kemampuan untuk memberikan pengendalian yang lebih baik terhadap kondisi jalan basah dan saat berbelok.

Kode Kecepatan
Layaknya kinerja mesin, kinerja ban pun memiliki keterbatasan. Perhatikan huruf yang tercetak pada didinding ban. Walau pun, ini dimaksudkan bagi mobil ber-spesifikasi balap. Tapi jika, Anda melajukan mobil sampai kecepatan maksimum, pastikan ban dapat bertahan terhadap panas akibat rotasi ban yang berputar kencang. Contoh : P195/55/R15 84V

Kode V disini menunjukkan kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban tersebut. Dalam hal ini adalah hingga 240 kph.

Perawatan
Merawat ban mobil tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan siapa saja; Jangan memadukan ban dengan spesifikasi berbeda, sesuaikan tekanan angin dengan yang direkomendasikan oleh produsen ban tersebut, jagalah kebersihan tapak ban, jangan biarkan kerikil atau kotoran lainnya melekat di sela-sela guratan ban, dan jangan menerjang lubang ataupun jalanan rusak.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Memilih Jenis Ban Mobil Yang Tepat Sesuai Kebutuhan yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.