Sabtu, 12 Oktober 2013

Tips dan Cara Ampuh Berkendara Saat Cuaca Panas

Tips dan Cara Ampuh Berkendara Saat Cuaca Panas ---Berbagai kendala memang sering dihadapi oleh para bikers saat berkendara termasuk kendala cuaca panas. Tubuh cepat lelah dan lebih mudah mengalami dehidrasi pastinya akan terjadi pada kondisi seperti ini.
Tips dan Cara Ampuh Berkendara Saat Cuaca Panas
Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba berbagi tips kepada teman-teman bikers agar lebih nyaman dalam berkendara saat cuaca panas, berikut tips lengkapnya.

1. Alirkan udara ke beberapa bagian tubuh. Misalnya selalu membuka ventilasi helm. Jika jaket sangat tertutup, sesekali geser resleting pada posisi setengah terbuka agar udara mengalir. Cara lain, berdiri sejenak untuk mengaliri udara pada bagian kaki, terutama pengguna sepeda motor ”laki” yang pahanya terus-menerus menjepit tangki bahan bakar plus terkena panas mesin. Cara terakhir ini juga diyakini memperlancar aliran darah.

2. Basahi tubuh. Jika merasa gerah, berhenti dan siram kepala dengan air bersih. Memang hanya sesaat, tetapi efek dingin yang sekejap itu sudah cukup menghilangkan ketidaknyamanan tubuh. Masih ingat adegan Jorge Lorenzo tahun lalu ketika menang di Jerez? Dia menceburkan diri ke dalam parit. Dalam konferensi pers, Lorenzo mengatakan tindakannya untuk menghilangkan panas di tubuh, selain merayakan kemenangan.

3. Pakai perlengkapan berkendara yang ”bisa bernafas”. Misalnya, sarung tangan yang ada lubang anginnya, atau juga jaket yang terdapat ventilasi. Jangan menggunakan jaket kulit yang tidak tembus udara segar.

4. Minum sebanyak mungkin. Kekurangan cairan berbahaya terserang dehidrasi. Berhenti sejenak dan minum lebih banyak dari kebiasaan. Dengan begitu, pikiran akan tetap tajam untuk mengontrol kecepatan dan refleks tetap terjaga.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Ampuh Berkendara Saat Cuaca Panas yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.