Selasa, 11 Februari 2014

Inilah Kelebihan Teknologi Mesin DOHC Pada Motor CB150R

Inilah Kelebihan Teknologi Mesin DOHC Pada Motor CB150R - Seperti yang kita ketahui selama ini, teknologi DOHC sering dipakai pada kebanyakan mobil. Sedikit mengulas tentang teknologi DOHC, DOHC adalah singkatan dari Double Overhead Camshaft atau ”kem” yang punya over head ganda.

Gampangnya, dalam satu piston ada dua pasang over head sehingga mesin mempunyai empat klep, dimana dua klep mengatur masukan bahan bakar dan dua klep lainnya mengatur keluaran gas buang. Mesin jenis ini juga menggunakan dua noken as yang nangkring pada kepala silinder.

Jelas saja semua itu akan sangat membantu untuk meningkatkan performa mesin. Namun, baru-baru ini teknologi DOHC ini sudah dipakai untuk mesin motor, salah satunya yaitu Honda CB150R Streetfire. Jika pada mesin mobil teknologi DOHC sangat membantu untuk meningkatkan performa mesin, lalu bagaimanakah jika teknologi tersebut digunakan pada mesin motor. Nah, untuk itu pada kesempatan kali OTOINS akan berbagi sekilas informasi mengenai Kelebihan Teknologi Mesin DOHC Pada Motor CB150R.
Kelebihan Teknologi Mesin DOHC Pada Motor CB150R
Seperti sedikit penjelasan diatas tadi, teknologi DOHC berarti menggunakan empat klep atau dua kali lebih banyak, tenaga yang dihasilkan otomatis lebih besar, karena pengaturan penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih akurat. Kebanyakan DOHC juga mendatangkan kitiran mesin (RPM) lebih tinggi. Letak klep yang lebih baik mengoptimalkan set up yang memaksimalkan pula performa mesin.

Penggunaan teknologi DOHC pada Honda CB150R ini merupakan suatu inovasi yang luar biasa, namun dibalik itu terdapat beberapa kekurangan atau kelemahan teknologi DOHC pada Honda CB150R ini, seperti beberapa penjelasan oleh welovehonda.com mengungkapkan bahwa :

Kelemahan Teknologi Mesin DOHC
1. Boros Bahan Bakar
Teknologi DOHC akan lebih boros bahan bakar, karena kebutuhan mesin akan bahan bakar juga lebih banyak. Disamping itu bobot mesin DOHC juga lebih berat.

2. Harga Service atau Perbaikan Mahal
Suku cadang lebih banyak bisa jadi masalah lain, apalagi tidak semua mekanik di Indonesia bisa dengan baik menyetel ulang klep mesin DOHC. Untungnya, mesin jenis ini tidak perlu terlalu sering disetel ulang klepnya.

Demikian sekilas informasi pada kesempatan kali ini tentang Kelebihan Teknologi Mesin DOHC Pada Motor CB150R, baca juga informasi lainnya dari OTOINS tentang Daftar Harga Kredit Motor Satria FU Terbaru 2014.