Kamis, 19 Desember 2013

Tips dan Cara Buat Motor Matic Jadi Lebih Irit

Tips dan Cara Buat Motor Matic Jadi Lebih Irit ---Mengendarai sepeda motor matic atau yang biasa disingkat dengan skutik memang sangatlah nyaman karena motor matic memang sudah didesain khusus sebagai sepeda motor santai. Namun dari berbagai pengguna sepeda motor matic sangat sering terdengar adanya keluhan mengenai konsumsi bahan bakar yang sangat boros dari sepeda motor tersebut.
Tips dan Cara Buat Motor Matic Jadi Lebih IritOleh karena itu dalam kesempatan kali ini Inspirasi Dunia Otomotif akan mencoba untuk berbagi informasi kepada teman-teman pengguna skutik dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu Tips dan Cara Buat Motor Matic Jadi Lebih Irit, berikut informasi lengkapnya.

Motor matic memang relatif lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek. Pemborosan bensin tersebut dikarenakan oleh jumlah gear yang memang lebih banyak daripada motor bebek.

Motor bebek yang memiliki persneling dapat mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan memungkinkannya untuk menghemat bahan bakar. Berbeda dengan motor matic yang tidak memiliki persneling sehingga akan sulit untuk menghemat baban bakar melalui pergantian gear tersebut.

Namun jangan khawatir, pemborosan bahan bakar oleh motor matic sebenarnya masih dapat diminimalisir. Salah satunya adalah dengan membersihkan karburator secara rutin. Komponen yang bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar ini akan ikut mengatur boros tidaknya motor matic Anda.

Selain itu, mengendarai motor dengan kecepatan stabil juga akan membantu penghematan bahan bakar. Jika sering memainkan gas alias main kebut dan rem, jelas bahan bakar akan lebih cepat habis. Karena bensin yang dibutuhkan saat menarik gas dengan kencang untuk akselerasi (ngebut) lebih besar.

Pilihlah oli yang cocok dengan mesin motor Anda. Pergesekan mesin yang tinggi gara-gara oli yang tidak cocok akan membuat mesin panas dan gas lebih berat. Kalau hal tersebut terjadi, tentu bahan bakar juga akan semakin boros.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Buat Motor Matic Jadi Lebih Irit yang dapat Inspirasi Dunia Otomotif sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.